Sosialisasi dan Pencanangan Desa Cantik Desa Batu Cermin Tahun 2024

  • Sep 10, 2024
  • DESA BATU CERMIN

Halo #SobatData

Pada pagi hari ini (1/8) BPS Manggarai Barat menyelenggarakan Pembinaan Desa Cantik (Cinta Statistik) di kantor desa Batu Cermin. Rapat ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Manggarai Barat, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Barat, dan Aparat Desa Batu Cermin. 

Dalam sambutannya Ibu Ikhe selaku Kepala BPS Kabupaten Manggarai Barat menyampaikan harapan-harapan dari penyelenggaraan Desa Cantik ini yaitu Pengelolaan data yang bersifat pemenuhan kebutuhan, Pengembangan pendataan yang sesuai dengan potensi desa (kearifan lokal), Implementasi pemanfaatan data dalam kebijakan pembangunan desa, dan Peningkatan literasi statistik masyarakat desa.

Selanjutnya Sosialisasi Program Desa Cinta Statistik (Cantik) 2024 dibawakan oleh Putu Adi Myarsithawan, S.Tr.Stat. selaku Pembina Desa Cantik BPS Manggarai Barat. Dalam pelaksanaan akan dibentuk Agen/Komunitas Statistik yang akan mendapatkan pembinaan statistik, melaksanakan pengelolaan data sesuai kaidah statistik dan Transfer Knowledge dari hasil pembinaan statistik. Tahapan pelaksanaan program Desa Cantik ini akan dilaksanakan pada di Desa Batu Cermin dari bulan Juli sampai dengan bulan Oktober, dan akan dilakukan Penilaian Program Desa Cantik pada bulan November. 
Rapat ini kemudian dilanjutkan dengan sharing dan diskusi yang dipimpin oleh Dyonisius H S Jewaru SST., M.Ec.Dev. selaku moderator.

#DesaCantik
#SatuDataIndonesia
#ManggaraiBarat
#LabuanBajo